Mimbar Pembaca Januari 2019

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 01/01/2019

Konsumsi Pisang Saat Patah Tulang

Apakah betul saat patah tulang kita terlarang mengonsumsi pisang hijau? Apakah penyebabnya?

Agung Nugroho
Bekasi Selatan, Jawa Barat

Tidak betul, larangan makan pisang saat patah tulang itu mitos. Secara umum tidak ada kandungan dalam pisang hijau yang menghambat tulang.

Bibit Stevia
Majalah Trubus edisi Desember 2018 mengulas peluang bisnis stevia, sumber pemanis alami. Apakah Trubus menjual bibit stevia?

Agung
Jakarta

Kami tidak menyediakan bibit stevia. Namun, Anda berpeluang memperolehnya saat pelatihan budidaya stevia dari hulu hingga hilir pada pelatihan akan datang. Info lebih lanjut silakan hubungi Dian atau Dhita di 0813-1603-4009.

Konsumsi Lidah Buaya
Bagaimana cara mengolah dan mengonsumsi lidah buaya untuk meredakan radang lambung?

Hendri
Cilegon, Provinsi Banten

Ambil tiga daun lidah buaya berukuran sedang lalu cuci bersih. Kupas kulit luarnya hingga tersisa daging berwarna bening. Blender daging lidah buaya bersama 1—2 sendok makan madu. Minum sehari tiga kali pada pagi siang dan malam. Lidah buaya mampu mengurangi rasa sakit pada lambung sekaligus melapisi dinding lambung agar peradangan tidak bertambah.

Sapi Blonde
Mohon informasi, berapa bobot maksimal sapi blonde? Apakah sapi blonde cocok dikembangkan di Indonesia?

Sudiana
Denpasar, Provinsi Bali

Sapi blonde memungkinkan dipelihara di Indonesia karena adaptif daerah beriklim panas. Sapi itu banyak dipilihara dan dikawinkan dengan sapi lokal di Meksiko, Peru, dan Kolombia.

Budidaya Kapulaga
Saya tertarik pada peluang bisnis kapulaga. Mohon informasi bagaimana budidaya kapulaga? Di manakah saya bisa memperoleh informasi budidaya kapulaga?

Dwi Joyo
Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Pada edisi November 2018 Majalah Trubus mengulas bisnis kapulaga. Silakan hubungi Imelda di 0813 666 0838 untuk mendapatkan Majalah Trubus. Anda juga dapat membelinya di toko buku terdekat.

Anggur di Indonesia
Anggur jenis apa saja yang cocok dikembangkan di Indonesia?

Ina
Klaten, Jawa Tengah

Anggur jenis akademik, furshetn, jupiter, dan julian memiliki kualitas baik rasa manis dan terbukti berbuah di Indonesia. Trubus menjual beberapa paket bibit anggur. Paket 1 Rp200.000 berisi 1 bibit anggur jenis furshetn atau julian dengan 1 buku “Buahkan Anggur Tropis di Teras”. Paket 2 Rp325.000 berisi 2 bibit jenis furshetn atau julian dengan 1 buku “Buahkan Anggur Tropis di Teras”. Belum termasuk ongkos kirim. Info pemesanan silakan hubungi 081316034009 atau kunjungi www.trubusonlineshop.com.

Padi Tarabas
Mohon informasi di mana saya bisa memperoleh benih padi tarabas?

Heru Handoko
Medan, Sumatera Utara

Bisa datang langsung ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi) Sukamandi, Jl. Raya,Patokbeusi,Subang No.9, Rancajaya, Patokbeusi, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41256.

Pelatihan Kafe Jamu
Apakah ada pelatihan membuat kafe jamu? Jika ada saya tertarik untuk ikut.

Irawan Haryadi
Tangerang, Provinsi Banten

Terima kasih masukan Anda, akan kami pertimbangkan untuk pelatihan mendatang.

Pasar Sidat
Bagaimana pasar sidat? Adakah perusahaan yang siap menampung produksi sidat?

Andi Husen
Jakarta

Saat ini pasar sidat mancanegara masih terbuka. Syaratnya pasokan kontinu. Berdasarkan data Food Agriculture Organization permintaan Jepang rata-rata 130.000 ton per tahun. Sementara Jepang hanya memproduksi sekitar 14.204 ton sidat dan sisanya impor. Salah satu negara pemasok kebutuhan Jepang adalah Tiongkok dan Taiwan. Data Bea Cukai Jepang menyebutkan pada 2014 Jepang mengimpor 3.747 ton sidat dari Tiongkok dan 906 ton dari Taiwan. Sementara impor dari Indonesia baru 98 ton. Itulah sebabnya pasar sidat di Jepang saja masih terbuka lebar. Info lebih lanjut bisa datang ke PT Laju Banyu Semesta Jl. Raya Cipicung Satu, RT 002/RW 009, Cibening, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.***

 

Tags: , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software