Melon Unggul Baru

Filed in Buah, Majalah by on 09/09/2016

Melon-melon baru bercitarasa manis dan bersosok unik.

Melon kirani jenis rock melon berdaging jingga dan berkulit putih susu tanpa jaring.

Melon kirani jenis rock melon berdaging jingga dan berkulit putih susu tanpa jaring.

Melon kirani dan manika menjadi incaran petani, pemasok, dan konsumen. Produsen benih kedua melon itu, PT Tunas Agro, menguji pasar di Jawa Tengah dan sekitarnya. Hasilnya konsumen menyukai melon dengan kadar gula 14—16°briks itu. Kirani merupakan rock melon berkulit putih susu tanpa jaring. Tekstur daging lembut sehingga kita dapat mengambilnya menggunakan sendok.

Adapun manika merupakan melon berjaring berdaging buah putih kehijauan. Bobot buah 1,5—2,5 kg atau sesuai dengan permintaan pasar. Keunggulannya warna kulit kuning tanpa perlakuan khusus. Menurut Manajer Pemasaran PT Tunas Agro, Dwi Kartika M Ghazalie, petani memetik manika pada umur 60 hari setelah tanam. Manika berproduksi optimal bila tumbuh di ketinggian 200 m di atas permukaan laut.

Kualitas buah

Melon baru TJ-05 dan TJ-010 bersifat genjah dan manis, yaitu 20—22o briks.

Melon baru TJ-05 dan TJ-010 bersifat genjah dan manis, yaitu 20—22o briks.

Keistimewaaan lain manika, bercitarasa manis, wangi, dan bertekstur daging lunak. Menurut pekebun melon di Muarakarang, Jakarta Utara, Tatang Halim, kunci untuk menghasilkan melon berkualitas dengan perawatan seperti teknik budidaya hidroponik dan menggunakan greenhouse. Petani hidroponik dapat memberikan nutrisi sesuai kebutuhan tanaman. Selain itu dapat mengontrol lingkungan.

Hingga kini buah melon berkualitas baik masih langka di pasar tradisional. Itu karena masih banyak petani lebih mementingkan keuntungan tanpa memperhatikan kualitas buah. Menurut Tatang banyak petani yang memberikan unsur nitrogen yang banyak dan mengurangi unsur kalium dan fosfor karena pertimbangan harga. Harga nitrogen lebih murah daripada kalium dan fosfor.

Padahal, unsur nitrogen yang lebih banyak memicu buah menjadi besar, tetapi daging buah tipis dan rongga buah lebar. Selain itu biji buah cepat rontok dan rasa kurang manis sehingga melon berkualitas jelek. “Hanya beberapa pasar swalayan khusus atau pasar tradisional kelas menengah ke atas yang menyediakan varietas melon berkualitas tinggi,” ujar Tatang. Kualitas buah yang baik bermula dari penggunaan benih yang baik.

Produsen benih di Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, CV Aura Seed Indonesia, berencana merilis varietas baru TJ-05 dan TJ-010. Menurut pemulia melon CV Aura Seed Indonesia, Subandi, kedua varietas itu bercitarasa manis dengan tingkat kemanisan 20–22o briks. Selain itu varietas yang akan dilepas pada 2016 itu berumur genjah, yaitu 55 hari setelah tanam.

Melon oriental dari PT Koreana Seed Indonesia, warna kuning emas bergaris jingga masih terbatas di pasaran.

Melon oriental dari PT Koreana Seed Indonesia, warna kuning emas bergaris jingga masih terbatas di pasaran.

Bobot buah antara 1,5–-3 kg sehingga cocok untuk konsumsi keluarga dengan jumlah anggota 3–4 orang atau keperluan restoran. Tanaman semusim itu tahan penyakit karat daun dan layu bakteri yang menjadi momok petani melon. Dengan berbagai keunggulannya maka melon yang akan diberi nama dagang sunrise 01 dan sunrise 02 itu menjadi incaran para petani dan pemasok buah.

Melon eksotis
Menurut Subandi, “Permintaan benih sudah banyak, tetapi kami belum siap karena masih dalam proses pelepasan.” Untuk persiapan pelepasan varietas itu, CV Aura Seed Indonesia menyebarkan sampel di beberapa lokasi di Indonesia, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat. Selain melon manis, melon eksotis mulai bermunculan di Indonesia. Produsen benih berlomba memproduksi melon dengan bentuk, ukuran, dan warna yang unik.

Walaupun perusahaan benin bebas menciptakan melon eksotis, mereka tetap mempertimbangkan aspek pasar. Menurut mantan karyawan PT Tunas Agro, Nurjaya, bila memasarkan benih-benih melon eksotis dengan warna, ukuran, dan bentuk yang unik perlu membuka pasar tersendiri. Menurut pemasok buah dari Agro Taniemas di Banyuwangi, Jawa Timur, Dimas Safavid, bobot melon eksotis 400–500 gram atau sekali makan habis.

Selain bobot buah, produsen benih juga mulai memperhatikan warna buah untuk menarik minat konsumen. Contoh, kantalop atau melon berdaging jingga produksi PT Bisi Internasional Tbk. Melon itu bentuk buahnya berbelimbing dan bergaris hijau tua dengan warna daging buah jingga. Tingkat kemanisan 12–14° briks dan bertekstur renyah. Melon dengan karakter seperti itu memiliki pasar khusus seperti pasar modern atau untuk ekspor.

Melon kantalop dengan bentuk berbelimbing dan bergaris hijau tua, warna daging buah jingga, manis dan bertekstur renyah.

Melon kantalop dengan bentuk berbelimbing dan bergaris hijau tua, warna daging buah jingga, manis dan bertekstur renyah.

Melon berwarna kuning emas dengan garis jingga berbentuk oval juga tersedia di pasar walau terbatas. Melon tanpa jaring itu berbobot 500 gram dengan panjang 20—25 cm. Daging buah putih bertekstur lembek dan lembut membuatnya mirip dengan mentimun suri. Produsen benih PT Koreana Seed Indonesia kini memperbanyak melon hasil pemuliaan di Negeri Ginseng itu. Perusahaan itu memperbanyak benih di Jawa Timur.

Menurut Andi dari PT Koreana Seed Indonesia, produksi benih 50–100 kg yang diekspor ke Korea. Melon jenis kantalop masih eksklusif dengan nilai jual tinggi. Melon itu memiliki banyak keunggulan sehingga harganya mahal, yakni manis, berdaging tebal, rongga buah kecil, jaring rapat, dan bentuk buah seragam. Petani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, misalnya membudidayakan kantalop asal Jepang.

Harga melon berdaging jingga itu di pasar swalayan mencapai Rp50.000 per kg. Menurut Tatang kantalop dari Lombok yang dijual di pasar swalayan itu merupakan sisa ekspor. Buah ekspor berbobot 1,2– 1,3 kg per buah. Bobot kurang dari 1,2 kg atau di atas 1,3 kg dijual di pasar dalam negeri. Buah anggota famili Cucurbitaceae itu dikatakan eksklusif jika berkualitas sangat baik. Selain itu di pasaran pun masih terbatas. (Ian Purnama Sari)

Tags: ,

Powered by WishList Member - Membership Software