Mangga Menor Makin Sohor

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 02/01/2018
Wartawan Trubus, Riefza Vebriansyah, dalam penelusuran potensi pengembangan mangga berwarna di tanahair.

Wartawan Trubus, Riefza Vebriansyah, dalam penelusuran potensi pengembangan mangga berwarna di tanahair.

Pasuruan 3 November 2017. Para pencinta, pemerhati, pehobi, pekebun, peneliti mangga tumplek blek di Kebun Percobaan Cukurgondang, Grati, Pasuruan. Hari itu salah satu unit sarana penelitian di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, itu memulai hajatan besar yang berlangsung selama 3 hari.

Suasananya gempita. Mulai dari acara cicip ratusan mangga koleksi Cukurgondang, rilis varietas baru, pelatihan teknik produksi mangga, hingga bagi bibit. Dalam acara cicip mangga, garifta menjadi primadona. Sosok buah relatif besar dengan warna merah mencolok, citarasanya manis dengan sedikit sensasi asam. Kontras dengan warna dan citarasa mangga yang selama ini lazim beredar di masyarakat. Foto-foto garifta pun serta-merta beredar di linimasa media sosial.

Penelusuran Trubus, sepuluh tahun terakhir mangga-mangga berwarna kian banyak hadir di tanahair. Mereka ada di tangan pehobi, pekebun, kolektor, dan loka penelitian milik pemerintah. Sumbernya introduksi dari mancanegara atau hasil seleksi tanaman yang sudah ada. Kehadiran jenis baru membuat para pekebun, pehobi, dan pebisnis bergairah. Apalagi menurut salah seorang pemerhati mangga, jenis-jenis berwarna yang belakangan hadir bercitarasa makin enak.

Selain menjadi pelengkap koleksi para pehobi, mangga-mangga baru sekaligus berpeluang bisnis. Salah satu mangga berwarna generasi pertama yakni irwin asal Australia dikebunkan ratusan hektar. Haji Urip di Indramayu mengembangkan mangga agrimania berwarna kulit jingga asal pohon induk di kebunnya. Selain buah, bibitnya pun laris terjual. Harga buah dan bibit relatif lebih mahal dibanding mangga biasa. Sementara garifta digadang-gadang menjadi unggulan ekspor seperti gedong gincu asal Cirebon dan Indramayu yang lebih dulu sohor.

Pembaca terhormat, informasi tentang peluang bisnis, ragam jenis, cara budidaya, dan tantangan pengembangan mangga berwarna kami jadikan sebagai tema pembuka pada 2018. Kami berharap kehadiran mangga-mangga merah ini memperkaya khasanah mangga Nusantara. Sebagai pembuka tahun baru kami juga menawarkan 18 destinasi agrowisata pilihan 2018 yang bisa Anda ikuti. Di setiap lokasi, kita belajar sekaligus berwisata. Untuk Anda yang berminat dapat menghubungi Suci, Dian, atau Devi di nomor telepon 021-874 2220, HP 0813 1603 4009. Selamat menyambut tahun yang lebih baik dengan semangat semembara mangga berwarna! ***

Tags: , ,

Powered by WishList Member - Membership Software