Ledakan Belalang Kembara

Filed in Majalah, Sayuran by on 14/07/2017

572_ 125-9Nun di Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), hama belalang kembara Locusta migratoria memasuki Bandar Udara Umbu Mehang Kunda, Wangaipu, Sumba Timur. Menurut menurut ahli penyakit tanaman, Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Widodo, M.S., belalang kembara hama tahunan yang kerap menyerang padi dan jagung. Tingkat kerusakan akibat serangan anggota famili Acrididae itu mencapai 100%.

Widodo mengatakan, ledakan hama belalang kembara karena iklim dan pemantauan yang kurang baik. “Aplikasi agen hayati sebetulnya bisa mencegah populasi belalang makin banyak, tetapi aplikasi relatif jarang karena serangan hama pun jarang,” paparnya. Menurut peneliti di Institut Teknologi Bandung, Dr. Mubiar Purwasasmita, ledakan hama terjadi akibat tidak seimbangnya lingkungan.

Mubiar mengatakan, pengabaian terhadap lingkungan berdampak pada ketidakseimbangan ekosistem. Menurut Mubiar jika petani menerapkan sistem hayati ledakan hama tidak akan terjadi. “Sistem hayati itu perlu sistem tertutup, artinya menggunakan bahan setempat yang tersedia untuk kebutuhan budidaya tanaman,” katanya. Mubiar menambahkan, petani-petani yang menerapkan sisem pertanian hayati tidak mengenal ledakan populasi hama. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Tags: , ,

Powered by WishList Member - Membership Software