Kontes Kucing Internasional : Zuyyin dan Toyger sang Kampiun

Filed in Majalah, Satwa by on 09/02/2019

Suasana kontes bertema genetic never lies di Mall Alam Sutera, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, pada 12—13 Januari 2019.

 

Zuyyin Balthier of Bhinneka dan Toyger menjadi yang terbaik di kelasnya ketika kontes kucing internasional.

Nama kucing jenis japanese bobtail itu Zuyyin Balthier of Bhinneka. Ia tampak anteng, lincah, dan bersahabat. Sembari menunggu giliran penilaian juri, kucing berekor pendek itu itu memainkan kertas di kandang antrean. Setelah mendapat rosette atau pita pengahargaan, Balthier seperti gemas menggigitnya. Penonton tertawa melihat tingkah lucu Balthier. Seluruh dewan juri memuji kucing milik pehobi asal Bandung, Jimmy Oetji berpenampilan elok.

Toyger kucing household pet milik pehobi di Bogor, Jawa Barat, Muhammad Ali Suwed.

Juri memberikan highscoring premiership kepada Balthier saat kontes di Mall Alam Sutera pada Sabtu, 12 Januari 2019 itu. Sepintas japanese bobtail mirip ras domestik. Kucing japanese bobtail itu bertengkorak seperti segitiga dan tubuh lebih berorotot terutama bagian kaki. Ciri lainnya ekor lurus dan mungil serta bulu sedikit lebih panjang dibandingkan dengan bulu kucing domestik.

Terbaik

Jawara lainnya yakni kucing-kucing milik pehobi asal Bogor, Jawa Barat, Muhammad Ali Suwed. Kucing bernama Toyger meraih highscoring kategori household pet atau kucing rumahan. Pada gelaran hari berikutnya yang bertajuk Fun International Catshow 2019 klangenan Suwed bernama Gansweed Soeltan meraih jawara kategori best adult pedigree dan highscoring pedigree.

Menurut Suwed, untuk kelas household pet kriteria penilaian mengutamakan karakter, kesehatan, dan kebersihan. Adapun kelas pedigree dikombinasikan dengan kesesuaian dengan standar ras. Menurut ketua panitia acara, Patria Sandi, ada 2 gelaran kontes yang digelar pada tanggal 12—13 Januari 2019 di Mall Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Gelaran pertama bertajuk CFA International Catshow 2019.

Soeltan kucing ras persia milik pehobi di Bogor, Jawa Barat, Muhammad Ali Suwed.

Pada kontes itu panitia menyediakan 6 ring penilaian bagi 148 kucing ras sebagai peserta. Enam juri CFA antara lain 3 orang dari Australia, masing masing 1 orang dari Amerika Serikat, Kanada, dan Tiongkok menilai penampilan kucing. Pada hari berikutnya berlangsung Fun International Catshow 2019. Panitia menyediakan 2 ring penilaian bagi 205 peserta. Pehobi dari Bali, Samarinda, dan Makassar melombakan kucing kesayangan pada kontes itu. Peserta dari mancanegara antara lain dari Thailand, Filipina, dan Malaysia turut ambil bagian.

Jimmy Oetji (kiri) dan Zuyyin Balthier of Bhinneka (dalam gendongan) mendapat rosette dari juri asal Kanada Neil Quincy.

Menurut Patria panitia Fun International Catshow 2019 mengakumulasikan nilai untuk kontes mendatang. Selama ini akumulasi nilai belum pernah diberlakukan untuk kategori fun cat show. Akumulasi poin itu tidak berpengaruh pada poin internasional CFA. Acara makin semarak karena panitia menyelenggarakan bazar, edukasi dari Dinas Peternakan, serta partisipasi dari komunitas pencinta kucing. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Tags: , , , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software