Kevin Hillarius

Filed in Wiratani Muda by on 29/11/2017

575_ 111-9Kevin Hilarius kerap mendapat teguran dari kedua orang tua lantaran menyimpan belasan kaleng cat bekas di bawah tempat tidur. Kevin melakukan itu semata-mata agar bisa memelihara ikan hias. Kaleng cat bekas itu berisi 2—3 ikan hias berjenis black molly. Kedua orang tua menegur karena jumlah ikan terlampau banyak. Itu cerita belasan tahun silam. “Saya jatuh cinta pada ikan hias sejak kecil,” kata Kevin mengenang.

Kini kedua orang tua Kevin patut bangga karena berawal dari hobi anaknya menjelma menjadi pengusaha ikan hias sukses. Dalam sebulan Kevin menjual 6.000—7.000 ikan hias killifish dan live bearier berkualitas bagus dari 10.000 ikan produksinya. Artinya 60—70% ikan milik Kevin terjual dan diminati pasar. Harga bervariasi tergantung jenis dan kualitas. Paling murah Rp5.000 per ekor, sedangkan ikan kualitas kontes Rp750.000 sepasang.

575_ 111-8Kevin menuturkan, “Sebetulnya tidak ada harga termahal dan temurah jika terkait hobi.” Bahkan Kevin beberapa kali melego ikan killi Rp2,5 juta—Rp3 juta per ekor. Ia mengatakan mendapat omzet rata-rata Rp5 juta—Rp10 juta per bulan. Omzet lebih besar mencapai Rp50 juta setiap bulan jika permintaan banyak. Konsumen terutama pehobi di dalam dan luar negeri seperti Vietnam, Singapura, dan Thailand. Ia memasarkan ikan koleksinya secara daring.

Kevin menjadi pengusaha muda ikan hias yang turut menjadi pembicara dalam acara bertajuk “Jadi Petani Itu Keren!”, di IPB Internationa Convetion Center, Bogor pada Sabtu 28 Oktober 2017. Pengamat pertanian IPB, Bayu Krisnamurthi selaku moderator acara banyak petani muda hari ini yang telah merasakan suksesnya berkarir di sektor pertanian.  Bayu mengajak kepada masyarakat terutama peserta acara yang banyak didominasi oleh anak muda, untuk mulai berani menggeluti dunia pertanian. Karena menurutnya dengan meningkatnya petani muda yang kreatif akan berpangaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dunia. ***

Tags: , ,

Powered by WishList Member - Membership Software