Isto Suwarno: Inspirasi Mitra Tiada Henti

Filed in Buah, Majalah by on 10/05/2019

Isto Suwarno memperbanyak beberapa jenis lengkeng dan tanaman buah lain.

Mengembangkan agribisnis tanaman buah bersama media. Media menjadi mitra yang memberi inspirasi.

Meski lahir dan tumbuh di daerah pertanian, Isto Suwarno tidak pernah praktik bertani. Usai menamatkan kuliah, Isto mendapat pekerjaan merawat taman Candi Prambanan. Pekerjaan itu menuntut pemahaman seluk-beluk pertanian. Itulah sebabnya pada mulanya pria kelahiran 8 November 1958 itu canggung bekerja sebagai pengelola taman di PT Taman Wisata Candi Prambanan Yogyakarta.

Latar belakang pendidikannya Teknik Mesin alumnus Universitas Negeri Semarang. Candi Hindu yang dibangun pada pertengahan abad ke-9 itu terdapat sebuah taman yang menjadi tanggung jawab Isto. Pria yang kini berusia 61 tahun itu membutuhkan referensi akurat bidang pertanian. Isto memilih Majalah Trubus sejak 1989 ketika mengawali pekerjaan sebagai perawat taman Candi Prambanan.

Permintaan tinggi

Isto Suwarno memilih majalah pertanian yang terbit perdana pada 1969 itu karena rutin mengulas taman dan cara perawatannya. Ayah 2 anak itu belajar banyak dari informasi yang disampaikan Majalah Trubus. Ia mengetahui cara memangkas tanaman dan memupuk itu berasal dari media yang tahun ini genap berumur 50 tahun. Sejak itu hingga kini Isto Suwarno rutin membaca Majalah Trubus setiap edisi.

Koleksi majalah TRUBUS milik Isto Suwarno. Tak satu edisi pun terlewat.

Itu menjadi langkah awal untuk memperluas wawasan dunia pertanian. Kecintaan Isto pada dunia pertanian makin besar. Ia mewujudkannya dengan membangun usaha CV Telaga Nursery pada Januari 2005. Usaha utama perusahaan itu adalah pembibitan lengkeng itoh super. Selain itu CV Telaga Nursery juga menangkarkan beragam bibit tanaman buah seperti jambu, durian, dan srikaya.

Usaha pertanian itu makin maju. Majalah Trubus mewawancarai Isto pada 2009 ketika lengkeng dataran rendah kian berkembang. Hasil wawancara terbit di Majalah Trubus edisi Maret 2009 berjudul “Sebelas Tahun Membangun Mimpi.” Menurut Isto masyarakat mulai mengenal kiprahnya setelah publikasi itu. “Bagi saya diliput oleh Trubus menjadi gerbang masuk untuk bisa mengembangkan Telaga Nursery menjadi seperti sekarang,” kata Isto.

Banyak calon pekebun atau pehobi yang menghubunginya untuk memperoleh bibit beragam tanaman buah. Mereka—para calon pekebun dan pehobi—itu datang dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Aceh, Medan, dan Yogyakarta. Permintaan bibit tanaman buah pun melonjak drastis. Isto memperbanyak tanaman buah dengan okulasi. Khusus lengkeng, misalnya, ia menyediakan beragam jenis seperti itoh, pingpong, dan diamond. Isto merintis usaha dilandasi tulus untuk berbagi ilmu kepada masyarakat.

Koleksi

Isto Suwarno membuka kebun bunga Celosia, memberikan destinasi wisata baru di Candi Prambanan.

Hingga kini Isto tetap membaca Majalah Trubus. Rubrik yang paling menyita perhatiannya adalah rubrik buah, tanaman hias, dan perkebunan. “Malam hari sebelum tidur, saya selalu membaca kembali majalah Trubus. Saya takut ada yang terlewat. Sampai-sampai majalah Trubus menjadi teman tidur saya,” kata Isto. Menurut Isto dirinya makin percaya diri mengembangkan usahanya setelah membaca rubrik itu.

Selain kebun, belakang rumah Isto Suwarno kini menjadi tempat seminar dan pelatihan budidaya lengkeng.

Ia juga berkunjung ke kebun-kebun buah di Thailand bersama Trubus. Kegiatan lain Isto adalah mengadakan pelatihan atau seminar berkaitan dengan budidaya lengkeng. Ia merekomendasikan lengkeng itoh karena berbuah terus-menerus tidak mengenal musim. Pemilik mampu mengatur waktu berbuah lengkeng itoh.Daging buah tebal, bertekstur kering, dan rasa manis.

“Ketika seminar atau pelatihan, saya selalu sediakan majalah Trubus di setiap meja untuk peserta. Saya sangat merekomendasikan peserta untuk membaca dan mengikuti Majalah Trubus,” kata Isto yang mengoleksi majalah Trubus sejak berlangganan. “Saya bilang ke anak saya, kalau berhenti berlangganan media lain silakan, tapi Majalah Trubus tidak boleh,” kata Isto. (Hanna Tri Puspa Borneo Hutagaol)

Tags: , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software