Inovasi Pertanian

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/04/2017
Reporter Majalah Trubus Muhamad Fajar Ramadhan.

Reporter Majalah Trubus Muhamad Fajar Ramadhan.

Bunga bokor Hydrangea sp pada umumnya berwarna merah atau biru. Kanok Seed memamerkan bunga bokor beragam warna, seperti hijau muda, ungu, merah mudah, dan putih. Produsen tanaman hias asal Thailand itu membudidayakan bunga bokor di pot. Tampilannya seronok. Padahal, selama ini tanaman asal Asia timur itu tak lazim sebagai tanaman pot. Bunga bokor lebih banyak sebagai bunga potong atau penghias taman.

Kanok Seed memamerkan inovasi baru itu di ajang ekshibisi internasional Horti Asia pada 15—17 Maret 2017. Produsen hortikultura dari berbagai negara seperti Belanda, Korea Selatan, dan Jerman ambil bagian pada pameran yang berlangsung di gedung Bitec, Kota Bangkok, itu. Aneka warna dan budidaya bunga bokor hanya salah satu inovasi yang dipamerkan di Horti Asia 2017.

Itulah sebabnya redaksi Majalah Trubus mengirimkan reporter Muhamad Fajar Ramadhan untuk meliput acara itu. Terlebih Majalah Trubus menjadi mitra media bagi penyelenggaraan Horti Asia 2017. Kerja sama itu terjalin sejak 2013. Empat tahun terakhir Trubus selalu hadir di ajang internasional itu. Pada saat bersamaan Suci Puji Suryani dan Indira Kelana Devi dari bagian pengembangan produk Majalah Trubus mengunjungi kebun-kebun buah di Thailand.

Mereka mengajak 11 peserta untuk berkeliling kebun buah seperti gandaria manis. Kerabat mangga itu identik dengan citarasa masam. Namun, Thailand mengembangkan buah gandaria manis. Peminat agrowisata girang bukan main bisa mencicipi lezatnya gandaria manis. Mereka membeli beberapa kilogram buah langsung di kebunnya. Selain itu mereka juga mengunjungi kebun pamelo, jambu biji tanpa biji, dan lengkeng yang tengah berbuah lebat.

Pembaca yang terhormat, tujuan kami mengajak peminat agrowisata adalah untuk mempelajari inovasi di bidang pertanian yang terus berkembang. Sekadar contoh, kini muncul durian tanpa bau. Bagi sebagian orang aroma durian yang menyengat menghilangkan selera makan. Namun, dengan ditemukannya durian nirbau, penggemar pun kian banyak. Ingin mencicipi durian tanpa aroma?

Jika tanpa aral, Majalah Trubus akan mengunjungi kebun durian tanpa bau pada 16—20 Mei 2017 bertepatan dengan musim berbuah. Keruan saja itu bukan satu-satunya tujuan. Kebun mangga, manggus skala ekspor, dan rambutan juga menjadi sasaran kunjungan di Thailand. Segera kosongkan jadwal Anda pada tanggal itu. Mari bergabung dengan kami.***

Tags: ,

Powered by WishList Member - Membership Software