Informasi Pertanian dan Anggur

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 31/10/2018

“Pak, apakah pelatihan bisa diperpanjang sampai hari Minggu?” ujar seorang peserta pelatihan penulisan ilmiah populer saat penutupan pada Jumat 5 Oktober 2018. Pelatihan selama tiga hari itu berlangsung di Wisma Kementerian Pertanian kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Wartawan Majalah Trubus, Sardi Duryatmo dan Imam Wiguna, memberi materi pelatihan pada 3—5 Oktober 2018. Belum juga Sardi Duryatmo menjawab pertanyaan saat penutupan acara itu, peserta lain menimpali, “Satu semester lagi, Pak.”

Itulah suasana penutupan pelatihan. Padahal, malam sebelumnya peserta berdiskusi hingga menjelang pukul 22.00. Penyelenggara pelatihan adalah Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian—kerap disebut Pustaka, lembaga di bawah naungan Kementerian Pertanian. Para peneliti dan pustakawan dari berbagai lembaga mengikuti pelatihan itu dengan semangat.

Ketika penutupan, pelaksana tugas Kepala Pustaka, Mimi Haryani, S.E, M.Si, mengharapkan agar peserta dapat menerapkan beragam kiat penulisan ilmiah populer yang telah didiskusikan bersama. Sepekan berselang, Sardi Duryatmo yang meraih beberapa penghargaan seperti Jurnalistic Award itu memberikan materi pelatihan di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Peserta pelatihan yang umumnya para penyuluh tak kalah semangat. Materi pelatihan lebih beragam dan mendalam. Peneliti, pustakawan, dan penyuluh dapat menyajikan serta menyebarluaskan informasi pertanian dengan benar sekaligus menarik. Hal itu sekaligus sebagai upaya mencegah hoaks atau berita bohong yang belakangan acap kali terjadi. Pembaca yang terhormat, Majalah Trubus menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga untuk menyelenggarakan pelatihan penulisan di tengah-tengah tenggat atau deadline edisi November 2018.

Majalah Trubus terbaru edisi November 2018 mengulas tren masyarakat perkotaan yang menanam anggur Vitis vinivera. Mereka menanam satu-dua bibit di halaman, teras, garasi, bahkan di dak rumahnya. Singkat kata, di mana pun, sejatinya Anda dapat menanam anggur. Sepanjang ada niat dan kemauan maka di situlah terbentang jalan. Anggur-anggur itu amat seronok, manis, dan menyegarkan. Keruan saja sudah terbukti produktif.

Di mana memperoleh bibit? Majalah Trubus telah menyediakan bibit unggul untuk Anda. Segera hubungi rekan kami Dian dan Dita. Bahkan buku panduannya pun kami sediakan untuk memudahkan Anda “berkebun” anggur di teras rumah. ***

Salam

Tags: , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software