Hidangan Anak Nakal

Filed in Eksplorasi by on 30/11/2011

 

Yang membuat menu itu mahal adalah gonad landak laut mentah di atas sushi. Sosoknya mirip telur ikan, berwarna kuning cerah. “Itulah sebabnya organ yang memproduksi gamet itu kerap disebut telur,” ujar Yuri Pratama Widyana, pegiat ekowisata yang mengembangkan landak laut di Kepulauan Seribu, Jakarta.  Untuk mendapatkannya, pengelola restoran itu mesti mengimpor dari Jepang. Di negeri Sakura harga telur landak laut memang premium, mencapai $450 setara Rp4-juta per kg. Meski mahal, makanan itu salah satu menu favorit warga Jepang karena sangat lezat dan berprotein tinggi.

Di tanahair makanan berbahan telur satwa tanpa tulang belakang itu belum begitu populer seperti di negeri Sakura.  Hanya beberapa daerah yang memiliki kebiasaan mengonsumsi urchin roe. Pecinta kuliner asal Jakarta, Bayu Amus, pernah mencicip menu si anak nakal—dalam kamus Webster urchin berarti anak nakal—saat mengunjungi pameran Denpasar Festival 2009 di Bali. Salah satu stan menyajikan menu sup toro-toro khas Pulau Sarangan, Bali.

Bahan utama sup toro-toro tak lain adalah telur landak laut Tripneustes gratilla. Perairan Bali memang habitat landak laut berduri pendek itu. Si penjaja menyajikan satwa avertebrata itu mentah. Untuk mengonsumsinya, belah tempurung landak laut, lalu kerok bagian gonad menggunakan sendok ke dalam mangkuk. Setelah itu siram gonad dengan kuah sup. “Aroma amis karena bumbunya kurang tajam. Rasa sup hanya asin dan pedas,” kata Bayu. Dalam pameran itu tersaji pula pepes telur landak laut.

Menurut Amir Abas yang menetap di Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, bulu babi menjadi buruan favorit saat air laut surut. Pemburu mudah memperoleh landak laut yang terlihat jelas di balik permukaan air laut yang dangkal. Setelah terkumpul, mereka menggosok satu per satu seluruh permukaan tubuh landak laut untuk merontokkan duri menggunakan tongkol jagung. Setelah itu mereka mencongkel bagian “mulut” di bagian bawah untuk mengeluarkan gonad. Mereka mengonsumsi kukure—sebutan gonad landak laut di Wakatobi—mentah atau menggorengnya. Kukure selanjutnya disajikan dalam cangkang landak laut yang telah dicuci bersih.

Bagi Saiman, telur bulu babi menjadi lauk-pauk alternatif bila tengah paceklik ikan. Warga Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, itu kerap mengolah telur jani—sebutan telur bulu babi di Pulau Pari—dengan cara menumis bersama cabai dan bawang putih. Menurut Aznam Azis, periset di Pusat Penelitian dan Pengembangan Oseanologitelur bulu babi mengandung 28 asam amino penting yang diperlukan tubuh manusia. Ia juga kaya vitamin A, B kompleks, dan mineral tinggi.

Bagi warga Jepang, gonad bulu babi dipercaya bersifat afrodisiak. Faedah itulah yang kini dimanfaatkan salah satu produsen farmasi di Semarang, Jawa Tengah. Perusahaan itu mengolah gonad bulu babi kering (maksimal berkadar air 14%) menjadi suplemen vitalitas pria. Pasokan bahan baku berasal dari Yuri yang bekerjasama dengan beberapa nelayan di Pulau Tidung dan Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta. Di samping lezat, telur landak laut menjadi pembangkit stamina dari dasar samudera.  (Imam Wiguna/Peliput: Riefza Vebriansyah)

 

  1. Kelezatan gonad bulu babi juga menjadi favorit para predator seperti singa laut, anemon, dan bintang laut
  2. Gonad bulu babi berwarna kuning cerah pada sepotong uni sushi yang menjadi sushi termahal
  3. Sup toro-toro berbahan gonad landak laut, makanan khas Pulau Sarangan, Provinsi Bali
Powered by WishList Member - Membership Software