Daun Ungu

Filed in mimbar pembaca by on 01/02/2009 0 Comments
Agus Sasongko
Jl. KH Hasyim Ashari No. 10
Kepatihan Widaresa,
Pekalongan 51152
  1. Daun ungu banyak dijual di pasaran. Untuk tanamannya, silakan hubungi Kampoeng Herba, Kompleks Taman Kopo Indah Blok E No. 8, Bandung; Karyasari Indonesian Herbal Medicine, Jl. Klamono Blok A5/4 Jatiwaringinasri, Pondokgede, Jakarta; atau Toko Trubus, Jl. Gunung Sahari III No. 7, Jakarta Pusat, 021-4204402.
  2. Daun ungu sudah dibuat obat berupa tablet. Merek yang beredar antara lain New Hemorhoa dan Herbacure. Keduanya bisa diperoleh di apotek dan toko obat.

 

Minyak Daun Sirih

Saya tertarik mengusahakan minyak asiri dari daun sirih.

  1. Apakah proses pembuatannya sama dengan minyak asiri lain?
  2. Saya tinggal di ketinggian tempat 600 m dpl. Apakah cocok untuk budidaya mawar dan melati?
  3. Di mana informasi lengkap minyak asiri mawar dan melati dapat diperoleh?
Wahyu Utama P
BTN Sanggulan, Tabanan, Bali
  1. Proses pembuatan minyak daun sirih sama seperti minyak asiri lain. Intinya, daun dikukus dalam alat suling kemudian uap yang dihasilkan didestilasi.
  2. Mawar dan melati dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi sekitar 1.600 m dpl. Mawar agar optimal sebaiknya ditanam di ketinggian 500— 1.500 m dpl.
  3. Anda dapat membaca buku Mawar dan Melati, terbitan Penebar Swadaya.

 

Budidaya Kedelai

Saya ingin menanam kedelai.

  1. Apa nama bibit kedelai unggul? Di mana bisa diperoleh?
  2. Berapa harga jual kedelai dan prospeknya ke depan?
  3. Bagaimana cara memaksimalkan produksi kedelai?
Arthemus
pegmanus79@yahoo.co.id
  1. Bibit kedelai unggul: baluran, merubetiri, ijen, panderman, dan argopuro. Semua bibit dapat diperoleh di Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian, Jl. Raya Kendalpayak, Malang 65101.
  2. Harga jual kedelai saat ini Rp5.000—6.000/kg.Prospek bisnis kedelai bagus karena banyak industri seperti kecap, tahu, tempe, dan pakan ternak yang membutuhkannya sebagai bahan baku.
  3. Produktivitas kedelai dapat dipacu dengan mengurangi 30% penggunaan pupuk kimia. Sebagai  gantinya dapat disemprotkan pupuk katalis 3 kg/200 l air/ha. Penyemprotan dilakukan 6 kali selama masa tanam dengan dosis 0,5 kg pada hari ke-14, 21, 28, 42, 56,dan 70.

 

Keladi Tikus

Saya mencari keladi tikus. Namun, informasi yang diterima selama ini beragam dan meragukan. Mohon informasi tanaman ini selengkapnya.

Lina
lina_titawe@yahoo.com

Keladi tikus Typhonium divaricatum merupakan tumbuhan terna berumbi. Tingginya mencapai 10—45 cm. Bagian dalam dan luar umbi putih. Daun hijau segar berbentuk bulat memanjang. Ujung daun meruncing dan pangkal terbelah seperti jantung. Mahkota bunga kecil, panjang dan berwarna putih mirip ekor tikus. Tanaman ini tumbuh saat musim hujan. Pada musim kemarau hanya umbinya yang tersisa di dalam tanah. Seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai herbal antikanker. Selengkapnya, silakan baca Trubus edisi September 2000.

 

Penampung Gaharu

Saya tertarik dengan bisnis gaharu.

  1. Dimana alamat penampung gaharu?
  2. Dimana alamat Erdy Santoso, periset dan penemu cendawan untuk inokulasi?
Syamsuddin
Jl. Sei Sembakung RT 07
Tarakan, Kaltim
  1. Untuk penampung gaharu, silakan hubungi Asosiasi Pengusaha dan Eksportir Gaharu Indonesia, Jl. Ikan Hias No. 29, Batu Ampar Condet, Jakarta Timur.
  2. Erdy Santoso, Jl. Manggarai Utara II No. A9 Jakarta Selatan dan Puslitbanghut, Jl. Gunungbatu No. 5 Bogor.

 

Asap Cair

Saya ingin membuat asap cair. Yang ingin ditanyakan:

  1. Selain tempurung kelapa, bahan apa yang bisa digunakan untuk membuat asap cair? Apakah akan mempengaruhi kualitas?
  2. Di mana alamat produsen asap cair Prof Dr Bambang Setiaji dan Imam Nurhidayat?
Charly Matheus Tannizar
Jl. Raya Kosambi 89, Tangerang
  1. Tempurung kelapa, kayu, dan bahan organik lain yang menghasilkan asap dapat digunakan. Namun, tempurung kelapa memiliki rendemen relatif tinggi mencapai 50%. Sementara bahan lain rendemennya lebih rendah. Rendemen kayu misalnya, hanya 0—30%.
  2. Prof Dr Bambang Setiaji, Jl. Kemuning IV/458, Perumnas Condongcatur Yogyakarta 55283; Imam Nurhidayat, Nitikan Baru No. 9 DI Yogyakarta 55162.

 

Tikus Putih

Saya ingin beternak tikus putih besar (rat).

  1. Apa buku referensi budidaya rat yang bisa dibaca?
  2. Dimana alamat penampung rat di Bandung dan Jakarta?
  3. Dimana alamat Dr Ir Nurliani Bermawie dari Balittro?
W Soehartono
Jl. Riung Galih No. 10
Kompleks Riung, Bandung
  1. Referensi budidaya rat masih jarang. Untuk itu sebaiknya Anda belajar dari peternak, antara  ain Suparno di Dusun Dadapan RT 02, Timbulharjo, Sewon, Bantul 55186.
  2. Tikus putih dipakai untuk kebutuhan hewan percobaan di laboratorium farmasi atau laboratorium penelitian lain. Silakan hubungi kampus farmasi atau laboratorium percobaan hewan di kota Anda.
  3. Balittro, Jl. Tentara Pelajar No. 3 Cimanggu, Bogor 16111. ***

 

R A L A T

Pada artikel gaharu edisi Januari 2009 halaman 14 paragraf pertama tertulis “Menurut  oordinator toritas Ilmiah CITES, Dr Gono Semiadi APU, kuota tidak membedakan gaharu alam atau budidaya”. Yang benar, “…kuota membedakan antara gaharu alam dan budidaya, di mana hasil budidaya tidak dikenakan kuota sedangkan gaharu alam dikenakan kuota.” ***

 

Powered by WishList Member - Membership Software