Cara Peroleh Induk

Filed in Agro Industri, Majalah by on 10/01/2017
Proses pemurnian sifat dilakuan selama 3,5 tahun.

Proses pemurnian sifat dilakuan selama 3,5 tahun.

Untuk menghasilkan varietas baru, PT Tunas Agro Persada berupaya mengumpulkan beragam plasma nutfah dari berbagai lokasi di dalam dan luar negeri, seperti dari Belanda, Taiwan, Thailand, dan Jepang. Direktur Pemasaran PT Tunas Agro Persada memiliki melon rapingo khas Belanda. Bagian pemuliaan memanfaatkan plasma nutfah itu untuk merakit varietas unggul.

Pemulia lalu menyeleksi tanaman itu berdasarkan pertumbuhan. Setelah berbuah, petugas menyeleksi lagi yang buahnya bagus dan rasa manis.  Namun, bila menginginkan sifat lain, maka rasa buah tidak penting, yang penting adalah bijinya untuk ditanam lagi untuk mendapat gen tertentu.  Menurut pemulia tanaman Tunas Agro, Dwi Kartika M Ghazali, hanya sekitar 10 tanaman yang lolos seleksi.

Ia memelihara tanaman untuk memurnikan sifatnya lewat beberapa kali persilangan balik (back cross). Dengan metode itu akhirnya Tunas Agro memperoleh tanaman yang stabil sifatnya. Bila penampilan dan hasil tanaman stabil, berarti tanaman itu sudah murni. Pemurnian  bisa diperoleh setelah 7 generasi atau 3,5 tahun. Produsen benih itu lantas memperbanyak atau menjadikan induk untuk mencari varietas baru lagi.

Kini mereka mempunyai induk melon rangipo dari hasil pemurnian. Setahun ke depan, melon sejenis itu sanggup mereka produksi. Melon berjaring dan berlurik kebanggaan Belanda itu bercitarasa sangat manis dan renyah. “Konsumen paling banyak meminta benih yang tahan penyakit dan kemanisan tinggi,” kata  Cipto. Benih itulah yang diproduksi di kebun di  Desa Brajan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. (Syah Angkasa)

 

Tags: ,

Powered by WishList Member - Membership Software