Bertani Sejak Muda

Filed in Majalah, Profil by on 11/01/2017
Zainal Gani mendalami khasiat kelapa setelah mengetahui manfaat VCO.

Zainal Gani mendalami khasiat kelapa setelah mengetahui manfaat VCO.

Sejak duduk di bangku kuliah, dr Zainal Gani jatuh hati pada dunia pertanian. Ia kerap menyewa lahan persawahan untuk memproduksi beras dan membudidayakan ayam petelur hingga mencapai 5.000 ekor dalam satu kali produksi. “Di saat usia 23 tahun, saya juga sudah memiliki mesin penggilingan padi,” ujar dokter penganjur herbal di Malang, Provinsi Jawa Timur itu.

Keinginannya untuk memiliki lahan pertanian sendiri tercapai pada 1986. Saat itu, ia membeli lahan seluas 3 hektare di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Lahan itu terus bertambah luas hingga total saat ini mencapai 20 hektare. Di sana Zainal Gani membudidayakan beragam jenis pisang seperti pisang candi, susu, dan pisang agung.

Beragam jenis tanaman kayu juga pernah ia budidayakan di lahan itu seperti jabon, jati mas, dan gmelina. Tentu saja tidak ketinggalan 4.000 pohon kelapa yang berjajar rapi dengan jarak tanam 7 m x 7 m memenuhi kebun itu. “Tanaman kelapanya baru terbentuk pohonnya,” ujar Zainal Gani. (Bondan Setyawan)

Tags: ,

Powered by WishList Member - Membership Software