Banyak Cara Menggoyang Lidah

Filed in Buah by on 31/08/2011

 

Bakpia blesteran kurma dibuat untuk menyambut RamadhanCokelat kurma banyak dijumpai di kawasan TanahabangStan milik Bakpiapia, produsen bakpia asal Yogyakarta, pada acara seminar Kurma dan Keajaiban Puasa yang diselenggarakan Tirtayu Healing Center di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, itu menyita perhatian pengunjung. Di stan itu para pengunjung berkerumun untuk mencicip bakpia yang terhidang. Berbagai kalimat pujian pun meluncur mulut mereka. “Rasanya enak, beda dengan bakpia biasa,” ujar Renny, salah seorang pengunjung seminar.

Apa yang membuat bakpia produksi Bakpiapia itu begitu istimewa? Yang spesial ternyata pada ramuan kumbu – sebutan untuk isi bakpia. Perusahaan peraih Enterprenuer Award on Innovation 2010 itu memadukan kacang hijau dengan pasta kurma sebagai bahan kumbu. Perpaduan itulah yang memberi sensasi rasa baru pada bakpia produksi Bakpiapia. Kumbu biasanya terbuat dari kacang hijau yang dihaluskan.

Berbagai pujian dari para pengunjung itu keruan saja membuat Tono Nazoeaggi girang bukan kepalang. Itu pertama kalinya “ramuan” kumbu racikan perusahaannya diperkenalkan kepada khalayak ramai. “Bakpia kurma itu kami buat untuk menyambut Ramadhan,” kata  bagian pemasaran Bakpiapia itu. Selama ini kurma memang identik dengan bulan suci umat Islam itu.

Onde-onde

Bakpiapia juga memproduksi bakpia blasteran – sebutan bakpia yang menggunakan 2 jenis bahan kumbu. Contohnya blasteran kurma-keju. Kurma dibelah salah satu sisinya, lalu diisi dengan krim keju.  Kurma isi keju kemudian dibalut dengan adonan bakpia. Bagian atasnya diberi taburan keju. Jenis kurma yang digunakan adalah medjool. “Ukurannya besar dan rasa manisnya pas bila berpadu dengan keju,” ujar Tono.

Selain bakpia, Bakpiapia juga memproduksi panganan lain berbahan kurma. Bentuknya seperti kue mangkok berisi campuran kacang hijau halus dan pasta kurma.  Bagian atasnya diberi kacang mete utuh. Dengan perpaduan ketiga bahan itu, rasa manis khas kurma berpadu dengan gurihnya kacang hijau dan kacang mete.

Respon positif konsumen membuat Tono optimis inovasi produk Bakpiapia itu bakal diterima pasar meski harga jual lebih mahal. Mafhum bahan baku yang digunakan kurma madjool yang harganya mencapai Rp100.000 per kg. Bakpia kurma itu akan dijual di 7 gerai bakpiapia di Yogyakarta.

Butik kurma eksklusif di Durensawit, Jakarta Timur, Thamra, juga memproduksi kue tradisional berbahan kurma. Kue itu terbuat dari pasta kurma dibentuk seperti bola, lalu ditaburi biji wijen di seluruh permukaan kue, persis seperti onde-onde.  Begitu digigit tekstur empuk dan manis khas kurma langsung terasa. Gurihnya wijen bersatu dengan legitnya pasta kurma.

Bulan sabit

Kurma juga hadir dalam panganan modern. Bateel, toko waralaba kurma eksklusif asal Dubai, Uni Emirat Arab, menjajakan berbagai olahan kurma dalam bentuk biskuit. “Biasanya konsumen membeli biskuit karena ingin mencoba rasa kurma yang tidak terlalu kuat,” kata Tania Walla, pemilik Bateel.

Bateel menjajakan 17 jenis biskuit. Salah satu yang paling favorit adalah halfmoon. Biskuit itu terbuat dari 2 keping biskuit berbentuk bulan sabit yang disatukan dengan pasta kurma. Setelah itu dicelupkan ke dalam cokelat dan diberi taburan kacang pistachio. Biskuit favorit lainnya berbentuk persegi panjang seperti wafer. Selain biskuit, yang patut dicoba adalah selai dan minuman berbahan kurma. Bateel mengimpor seluruh olahan itu dari Dubai.

Aneka olahan kurma juga dapat dijumpai di kawasan Tanahabang, Jakarta Pusat, sentra penjualan kurma di ibukota. Salah satunya di toko kurma Amanah. Di sana dijajakan kue kurma lapis cokelat, kurma wijen, dan kue maamoul – biskuit khas negara-negara di Timur Tengah berisi pasta kurma.

Menurut Dyah Ayurina, bagian pemasaran di Thamra, inovasi produk olahan kurma terus dilakukan karena masyarakat ingin mencicipi bentuk lain dari kurma segar.  Buktinya olahan onde-onde kurma yang baru dikenalkan 2 bulan lalu laris manis. Padahal, olahan dalam bentuk makanan lokal itu masih dikerjakan dalam skala rumah. Maraknya olahan tamar versi lokal atau internasional bisa menjadi pilihan demi memperoleh khasiat kurma. (Pranawita Karina/Peliput: Tri Susanti)

Powered by WishList Member - Membership Software