Antara Rennes dan Jember

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/10/2018

Pameran pertanian bisa menjadi barometer kemajuan sebuah kota, provinsi, bahkan negara. Inovasi mutakhir lazimnya turut dipamerkan pada ekshibisi itu. Dari ajang itulah kemudian sebuah teknologi menyebar. Majalah Trubus acap kali memperoleh informasi dan inovasi mutakhir dari ajang pameran baik di dalam negeri maupun mancanegara. Pada 9 September 2018, kepala kompartemen Satwa Majalah Trubus, Riefza Vebriansyah bertolak ke Rennes, kota di timur laut Perancis.

Alumnus Jurusan Biologi Universitas Negeri Jakarta itu meliput ekshibisi peternakan bergengsi, yakni Salon de la Production Agricole Carrefour Européen (SPACE). Teknologi mutakhir berkaitan dengan budidaya sapi, domba, kambing, kelinci, dan unggas ditampilkan di ajang pameran tahunan ke-32 itu. Setidaknya 14.000 pengunjung dari 128 negara mendatangi pameran itu.

Wartawan Majalah Trubus Riefza Vebriansyah (kanan)di area pameran Salon de la Production Agricole Carrefour Européen (SPACE) di Kota Rennes, Perancis. Panitia yang mengurus media internasional, Marion Gendron, menyambut kedatangan Trubus.

Di antara embusan angin musim gugur yang menggigit belulang, Riefza Vebriansyah, menuliskan laporan liputan pameran itu. “Suhu 10ºC,” tulis Riefza melalui pesan whatsapp setelah tiba di Rennes, lima jam bermobil dari Kota Paris, ibukota Perancis. Pembaca yang terhormat, sebagian hasil liputan Riefza dapat dinikmati pada edisi November 2018 dan edisi-edisi mendatang.

Selain liputan ke Rennes, pada edisi Oktober 2018 Majalah Trubus juga menampilkan peluang bisnis vanili. Beberapa bulan terakhir, harga polong vanili di tingkat pekebun fantastis, hingga hampir Rp5 juta lebih per kg. Petani polong anggota famili Orchidaceae itu mendapat rezeki melimpah. Kepala kompartemen Perkebunan, Argohartono Arie Raharjo yang mengumpulkan informasi peluang bisnis vanili ke berbagai sentra seperti di Jember, Jawa Timur.

Keruan saja ia dibantu banyak reporter seperti Hanna Tri Puspa Borneo Hutagaol dan Tiffani Dias Anggraeni. Harga jual vanili yang melangit itu memang menggiurkan. Tentu banyak aral untuk dapat memanen polong harum. Itulah sebabnya Majalah Trubus mengundang Anda untuk berdiskusi mengenai peluang bisnis vanili. Tersedia pula diskusi dengan tema lain yakni peluang komoditas organik dan jamur tiram. Segera hubungi rekan kami, Dian atau Dhita untuk memesan tempat.***

Salam

Tags: , , , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software