Adee Tiwow: “Saat Ini 100 UKM Mendapat Pinjaman”

Filed in Info Khusus by on 13/08/2015
Turun langsung ke lapang menangani calon klien.

Turun langsung ke lapang menangani calon klien.

Grassroots Business Fund—semula Grassroots Business Initiatives (IFC)—menyeponsori pendirian PT SEI. Bagaimana peran lembaga global itu dalam pendirian PT SEI?

Grassroots Business Fund (GBF) memberikan hibah sekitar Rp900-juta kepada PT SEI pada 2009. Itu atas inisiatif pimpinan GBF. Mereka berharap dana itu dimanfaatkan untuk bantuan teknis seperti pelatihan dan monitoring pada UKM. Selanjutnya GBF memberikan pinjaman lagi Rp1-miliar. GBF lalu memberikan hibah kedua pada 2011 karena kami menerima pinjaman. Sekarang kami tidak meminjam ke GBF lagi.

Berapa banyak UKM yang saat ini mengajukan permohonan bantuan ke PT SEI?
Sampai saat ini yang mengajukan pinjaman sekitar 400 UKM. Namun, yang mendapat pinjaman baru 100. Tahun ini target PT SEI menyalurkan dana kepada 150 UKM.

Bagaimana prosedur pencairan dana melalui PT SEI?
Petugas Business Development mewawancarai langsung calon klien. Calon klien lolos ke tahap selanjutnya jika memiliki usaha yang berusia 2—3 tahun. Yang pasti bukan pemula. Usaha yang digeluti calon klien juga berpotensi berkembang. Selain itu usaha calon klien harus berdampak sosial. Artinya melibatkan lebih banyak tenaga kerja dibanding sebelumnya.

Jika klien memenuhi semua kriteria itu, maka akan ada kunjungan ke lokasi usaha untuk memastikan kebenaran data yang disampaikan saat wawancara. Lazimnya yang kami datangi adalah jenis usaha yang masih relatif baru kami tangani.

Saat kunjungan lapang analis juga melihat karakter calon konsumen. Kami menghendaki calon konsumen yang jujur dan punya kamauan untuk maju. Jika bisnis yang lolos itu sudah lazim kami tangani. Kami tidak perlu ke lokasi, cukup melalui sambungan telepon. Setelah kunjung ke lapang atau memastikan via telepon, analis membuat laporan kelayakan usaha yang dipresentasikan di depan working group yang dihadiri saya dan wakil dari pemegang saham.
Di depan pertemuan working group, analis mempresentasikan kelayakan usaha dan rencana bisnis calon klien (UKM). Anggota working group yang memutuskan disetujui tidaknya proposal tersebut.

549_ 79Bagaimana cara PT SEI mempromosikan diri kepada UKM sehingga mereka mengetahui layanan yang diberikan oleh PT SEI?
Pada awalnya saya sendiri yang datang ke intansi-instansi di daerah memperkenalkan PT SEI. Kami juga bekerja sama dengan Asosiasi Business Development Services Indonesia. Mereka punya banyak klien. Kami pun bekerja sama dengan asosiasi-asosiasi lain.

Apa keunggulan PT SEI dibanding dengan lembaga keuangan lain?
SEI memberikan pinjaman kepada UKM disertai dengan bantuan teknis yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya.***

Tags: ,

Powered by WishList Member - Membership Software