72 Ikon Prestasi Indonesia

Filed in Seputar Trubus by on 23/08/2017

L1120833Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-Pancasila) menyelenggarakan Festival Prestasi Indonesia. Pemberian apresiasi itu dikemas dalam sebuah acara bertajuk ‘Festival Prestasi Indonesia’ yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 21—22 Agustus 2017. Acara itu merupakan rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Dengan mengutamakan visi sejarah yang lebih optimis, UKP-Pancasila turut memberikan penghargaan kepada 72 putra-putri terbaik Indonesia. Kepala UKP Pancasila Yudi Latif menyebut penghargaan itu sebagai pengarusutamaan Pancasila.

DSC_776472 ikon dari berbagai profesi, latar belakang, dan usia itu menerima penghargaan dan apresiasi atas kinerja positifnya dalam mengharumkan dan memajukan bangsa Indonesia. Salah satu kriteria untuk menjadi ikon prestasi adalah pernah memperoleh penghargaan atau juara tingkat nasional dan internasional. Namun, mereka yang belum pernah meraih penghargaan tersebut juga memiliki kesempatan, dilihat dari karya dan tindakan para ikon seperti dampak nyata dan pengaruh besar bagi lingkungan maupun profesi mereka.

L1120552Kriteria lain adalah sang ikon merupakan sosok inspiratif dan representatif. Ikon  prestasi kemudian dibagi menjadi empat kategori, yakni saintis dan inovator, olahraga, seni budaya, dan pegiat sosial. Salah satu ikon prestasi dari sains dan inovator adalah Prof. Dr. Taruna Ikrar, M. Pharm., MD, Ph.D, seorang dokter jenius yang pernah menjadi kandidat Nobel Kedokteran.

L1120599Bambang Ismawan, pendiri Yayasan Bina Swadya dan pendiri Trubus juga mendapat penghargaan 72 Ikon Prestasi Indonesia untuk kategori petani pancasila. Sementara itu, mewakili kategori olahraga adalah Alan Budikusuma, pemain bulu tangkis Indonesia peraih medali emas dalam nomor tunggal putra pada Olimpiade Barcelona 1992. Kategori seni budaya diwakili sutradara Garin Nugroho, serta kategori pegiat sosial diwakili oleh salah satu pelopor Komnas Perempuan, Sinta Nurriyah Abdurrahman Wahid.

Tags: , ,

Powered by WishList Member - Membership Software